Inheritance beserta contohnya



Assalamu’alaikum wr wb
Ketemu lg bersama saya di blog Wawasan ilmu, kali ini saya akan membahas tentang inheritance atau pewarisan pada java.

Pengertian Inheritance
Inheritance adalah dimana sebuah objek dapat mempunyai objek turunan. Dalam hal pemrograman maka dapat di impementasikan dengan sebuah class yang mempunyai class turunan. Class yang mempunyai class turunan disebut sebagai Parent class atau Base class, sedangkan class turunanya disebut sebagai Subclass atau Child Class. Secara sederhana misal hewan adalah Parent Class maka Child Class bisa monyet,paus,dll.
            Suatu Subclass dapat mewarisi sebagian atau keseluruhan sifat dari parent class nya, dengan kata lain sebuah subclass hanya merupakan perluasan dari parent class.

Deklarasi Inheritance
            Cara mendeklarasikan inheritance adalah dengan cara menambahkan keyword extend setelah nama class diikuti dengan nama parent class. Kata kunci extends memberikan informasi pada kompiler java bahwa kita ingin melakukan perluasan class.

Contoh penggunaan syntax Inheritance pada java







Output yang dihasilkan :




Pada mainMamalia terdapat 2 errors kenapa? Karena pada program monyet dan paus yang memiliki modifier private, yang artinya modifier tersebut tidak dapat di wariskan atau diturunkan.

Bagaimana jikat program tersebut bisa dijalankan tanpa ada error? Kita harus mengganti modifier private menjadi public pada program monyet dan paus.

Jika sudah di ubah maka hasil yang di dapat








Output yang dihasilkan :



Cukup sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat
terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahanan Nasional Dan Strategi Nasional serta Implementasinya, Dan Otonomi daerah