Kecerdasan Buatan

 

Halo Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas tentang sistem cerdas. Penulisan ini juga bertujuan untuk menyelesaikan tugas saya

 

Tugas 2 : Pengaplikasi Kecerdasan Buatan

1.    Jelaskan komponen-komponen apa saja yang diperlukan untuk mengaplikasikan kecerdasan buatan!

2.    Jelaskan pengaplikasian kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari! Berikan contohnya!

3.    Mengapa kecerdasan buatan digunakan untuk membantu kegiatan manusia? Jelaskan!

1. Komponen-komponen yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan kecerdasan buatan :

– Sistem Pakar (Expert Systemi) : program konsultasi (advisory) yang mencoba menirukan proses penalaran seorang pakar/ahli dalam memecahkan masalah yang rumit. Sistem Pakar ini merupakan aplikasi AI yang paling banyak.
– Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing) : Pemrosesan ini memberi kemampuan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa mereka sendiri (bahasa manusia).
– Pemahaman Ucapan/Suara (Speech/Voice Understanding) : teknik agar komputer dapat mengenali dan memahami bahasa ucapan.
– Sistem Sensor dan Robotika : Robot yang cerdas biasanya 6 mempunyai perangkat sensor, seperti kamera, yang mengumpulkan informasi mengenai operasi dan lingkungannya. Kemudian bagian AI robot tersebut menerjemahkan informasi tadi dan merespon serta beradaptasi jika terjadi perubahan lingkungan.
– Komputer Visi : Merupakan kombinasi dari pencitraan, pengolahan citra, pengenalan pola serta proses pengambilan keputusan. Tujuan utama dari komputer visi adalah untuk menerjemahkan suatu pemandangan. Komputer visi banyak dipakai dalam kendali kualitas produk industri.
– Intelligent Tutoring/Intelligent Computer – Aided Instruction : komputer yang mengajari manusia. Sistem ini juga mendukung pembelajaran bagi orang yang mempunyai kekurangan fisik atau kelemahan belajar.
– Mesin Belajar (Machine Learning) : Machine Learning berhubungan dengan sekumpulan metode untuk mencoba mengajari/melatih komputer untuk memecahkan masalah atau mendukung usaha pemecahan masalah dengan menganalisa kasus-kasus yang telah terjadi.
2. Contoh pengaplikasian kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari - hari :

 

Siri : Siri merupakan asisten virtual yang ditawarkan oleh iPhone dan juga iPad. Asisten virtual ini dapat membantu Anda menemukan banyak informasi, mengirim pesan, melakukan panggilan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa bertanya apapun kepada Siri dan pertanyaan tersebut akan dijawab secara otomatis dalam waktu yang sangat cepat. Siri dapat diibaratkan sebagai customer service berbasis teknologi.

 

Robot Penyedot Debu : Mau membersihkan rumah tetapi malas nyapu dan ngepel? Anda bisa menggunakan robot Penyedot debu. Robot ini tentu saja berbeda dengan alat yang selama ini kita kenal dengan sebutan vacum cleaner. Robot ini dapat bekerja secara otomatis dan cepat dalam membersihkan rumah. Hasilnya tak perlu anda ragukan lagi.

 

Instant Heart Rate Pro : Ini adalah sebuah aplikasi kesehatan, namun bukanlah aplikasi biasa. Sebab Anda bisa mengecek kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh tanpa harus pergi ke rumah sakit. Cukup dengan meletakkan jari telunjuk di atas kamera, maka hasilnya akan terlihat. Anda bisa mengetahui keadaan tubuh dalam waktu yang sangat cepat.

 

3. Mengapa kecerdasan buatan digunakan untuk membantu kegiatan manusia?

Manfaat adanya Kecerdasan adalah untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan suatu masalah, yang mana masalah tersebut juga dapat diselesaikan oleh manusia. Misalnya pencarian tempat, bidang bisnis, rumah tangga dan dapat meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer.

·       Seperti contohnya robot cerdas. Robot cerdas tersebut dapat membantu pekerjaan manusia menggunakan sistem navigasi. Robot juga digunakan dibidang kesehatan yakni untuk merawat orang jompo, konsultasi, dan pendeteksi tumor, membantu melakukan operasi medis dll. Diperkirakan ada 90 startups yang mengembangkan AI di insustri kesehatan ini.

·       Di industri ekonomi dan keuangan, AI membantu di berbagai hal seperti investasi keuangan, pencataan keuangan, jual beli saham, penipuan dan kriminalisasi di bank, dan lain-lain.

·       Di dalam dunia pendidikan, tutor robot telah diperkenalkan di kelas untuk mengajar anak-anak mulai dari pelajaran biologi sampai dengan ilmu komputer, meskipun hal ini belum banyak dilakukan. Machine learning pada AI digunakan untuk menilai hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki pada masing-masing siswa dalam proses belajarnya.

·       Di bidang industri, robot sering dijumpai untuk menggantikan manusia, terutama dalam pekerjaan yang repetitif (berulang-ulang), seperti adanya mesin-mesin otomatis di pabrik-pabrik yang membantu proses produksi sebuah produk.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahanan Nasional Dan Strategi Nasional serta Implementasinya, Dan Otonomi daerah