Sistem Cerdas

 

Halo Kembali lagi bersama saya, kali ini kita akan membahas tentang sistem cerdas. Penulisan ini juga bertujuan untuk menyelesaikan tugas saya

Apa si itu sistem cerdas? Sistem cerdas (intelligent system) adalah sistem yang dibangun dengan menggunakan teknik-teknik artificial intelligence.

Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu Cerdas adalah orang yang cerdik dan cermat dalam melihat sesuatu

Tugas 1 : Aplikasi Sistem Cerdas

  1. Jelaskan apa yang menjadi dasar digunakannya sistem cerdas!
  2. Jelaskan pengaplikasian sistem cerdas dalam bidang pendidikan! Berikan contohnya!
  3. Apa keuntungan dan kerugian digunakannya sistem cerdas!

 

  1. Lalu apa yang menjadi dasar digunakannya sistem cerdas? Mesin yang cerdas, terinspirasi dari cara kerja manusia dalam memperoleh kecerdasannya. Mesin dapat berevolusi sehingga seiring waktu berjalan, mesin yang kita buat juga akan semakin cerdas dan bisa mengikuti perkembangan jaman. Adanya mesin yang cerdas tersebut tak hanya dalam tataran teori, namun juga dapat diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan kita. Materi dalam buku bisa diimplementasikan dengan kemampuran pemrograman yang baik, untuk memberikan manfaat yang sebenarnya di tengah kehidupan masyarakat. dengan kata lain sistem cerdas digunaka untuk mempermudah pekerjaan manusia.

2.   Bagaimana sih pengaplikasian sistem cerdas dalam bidang Pendidikan? 

 

Sistem Cerdas sektor pendidikan adalah kemajuan zaman. Sistem Cerdas juga memungkinkan orang belajar dengan bantuan education assistant seperti bot. Konten-konten pembelajaran digital yang terpersonalisasi juga dapat dihadirkan berkat AI dan machine learning. Buku-buku teks yang tebal kini dapat dipilah-pilah menjadi konten yang lebih ringkas, lebih enak dibaca dan dipahami, seperti panduan belajar, ringkasan, flashcard, atau catatan pendek.

 

Disaat pandemi seperti ini Sistem Cerdas sangat dibutuhkan karena adanya pembelajaran jarak jauh atau sistem daring (online), maka guru dan siswa pun harus mengenal Sistem Cerdas, jadi banyak guru yang menggunakan media pembelajaran menggunakan Sistem Cerdas seperti aplikasi Latitude Learning, Skype, Google Hangouts Meet, Zoom, Discord, WhatsApp, Edmodo, Ruang Guru dan Google Classroom. Sarana-sarana tersebut dapat digunakan secara maksimal, sebagai media dalam melangsungkan pembelajaran seperti di kelas .Dengan menggunakan media online itu, secara tidak langsung kemampuan menggunakan serta mengakses teknologi semakin dikuasai oleh siswa maupun guru.

 

3.   Apa keuntungan dan kerugian digunakannya sistem cerdas!

 

Keuntungan Artificial Intelligence :

1.      Kemampuan menyimpan data yang tidak terbatas (dapat disesuaikan dengan kebutuhan).

2.      Memiliki ketepatan dan kecepatan yang sangat akurat dalam sistem kerjanya.

3.      Dapat digunakan kapan saja karena tanpa ada rasa lelah atau bosan.

Kekurangan Artificial Intelligence :

1.      Teknologi artificial intelegensi tidak memiliki common sense. common sense adalah sesuatu yang membuat kita tidak sekedar memproses informasi, namun kita mengerti informasi tersebut. Kemengertian ini hanya dimiliki oleh manusia.

2.  Kecerdasan yang ada pada artificial intelligence terbatas pada apa yang diberikan kepadanya (terbatas pada program yang diberikan). Alat teknologi artificial intelligence tidak dapat mengolah informasi yang tidak ada dalam sistemnya.

3. Dapat mengurai lapangan pekerjaan untuk manusia, contohnya mesin otomastis pada saat memasuki gerbang tol (toll road) yang pada awalnya menggunakan tenaga manusia.

 Referensi :

https://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/pert_ke_2_sistem_cerdas.pdf

https://baihaqiiqbal22.blogspot.com/

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahanan Nasional Dan Strategi Nasional serta Implementasinya, Dan Otonomi daerah